Kesehatan : Cara Meningkatkan Daya Ingat

Kesehatan : Cara Meningkatkan Daya Ingat



Manusia memang tempatnya lupa. Namun, lupa yang berlebihan terutama mengenai hal-hal penting tentu akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Lupa membawa ponsel misalnya akan membuat saya pribadi pusing bukan kepalang dan rela memutar balik kendaraan meskipun sudah terlalu jauh dari rumah. Sifat lupa ini mungkin akan jauh lebih kuat dengan bertambahnya usia. Ada baiknya kita mulai melatih ingatan kita agar tidak mudah lupa. Melatih ingatan tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal dan sulit karena ada beberapa langkah sederhana yang akan sangat berguna untuk melatih daya ingat.


Langkah pertama yang bisa kita tempuh adalah dengan memfokuskan pikiran dalam waktu singkat kurang lebih selama delapan detik saja. Anda bisa berlatih dengan berusahan mengingat sesuatu dalam hitungan detik agar Anda bisa menyimpan memori pendek dalam jangka panjang. Langkah selanjutnya yang dianggap penting oleh para ahli adalah larangan berjalan melalui pintu. Saya pernah berpindah ke ruangan lain dan lupa akan hal yang akan saya lakukan di ruangan tersebut. Menurut para ahli, hal ini terjadi akibat adanya kecenderungan manusia untuk merestart memori saat memasuki suasana atau lingkungan baru. Banyak orang yang mengalami masalah ingatan untuk mengingat sesuatu saat berada di bawah tekanan. Kita bisa mencoba menggenggam stress ball yang akan membantu kita mengingat jika dilakukan dengan cara yang benar.


Untuk menjadi sehat, olahraga merupakan hal penting yang harus dilakukan. Ternyata olahraga juga menjadi solusi penyembuhan untuk beragam masalah termasuk masalah ingatan. Dengan berolahraga, otak menjadi lebih waspada dan akan ada lebih banyak suplai oksigen yang masuk ke otak sehingga kemampuan ingatan kita juga semakin meningkat. Cukup tidur merupakan syarat hidup sehat lain yang ternyata juga berguna untuk meningkatkan daya ingat. Cukup tidur di malam hari rupanya berguna untuk membantu kita mengingat informasi dengan lebih baik pada pagi harinya. Pemilihan font tulisan ternyata juga akan berpengaruh terhadap daya ingat terlebih jika kita menggunakan font unik yang menonjol serta mudah terbaca. Ada mitos yang mengatakan bahwa mengunyah permen karet akan membantu menurunkan berat badan, tapi mengunyah permen karet ternyata merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top